Hutajulu, Delita (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA N 1 SIPOHOLON T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141011 COVER.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
409141011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
409141011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
409141011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
409141011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
409141011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
409141011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
409141011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
409141011 BAB I.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
409141011 BAB V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
409141011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar dan aktivitas siswa yang diajar menggunakan model STAD dengan TPS pada materi Sistem Ekskresi Manusia di kelas XI IPA SMA N 1 Sipoholon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa 96 orang. Pengambilan sampel secara random (random sampling) dan didapat dua kelas sebagai sampel yaitu kelas XI IPA-1 dan XI IPA-3 yang berjumlah 64 orang. Kelas XI IPA-1 diajarkan dengan model STAD dan XI IPA-3 dengan model TPS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan berganda yang berjumlah 30 buah yang digunakan sebagai soal pre-test dan post-test. Rata-rata hasil belajar yang didapatkan untuk kelas TPS sebasar 82,00 lebih tinggi dibanding kelas STAD yaitu sebesar 76,32 sehingga terdapat perbandingan nilai STAD : TPS, yaitu 1: 1,07. Peningkatan nilai dari pre-test ke post-test untuk kelas STAD sebesar 29,39 dan untuk kelas TPS 34,10. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada kelas STAD adalah 90,72% dengan kategori sangat baik, sedangkan pada kelas TPS adalah 93,05% dengan kategori sangat baik. Uji prasyarat analisis data menunjukkan bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan kedua kelas sampel memiliki kesamaan varians (homogen). Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung = -2,28 dan ttabel= 2,00 dengan dk=60 dan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan kriteria Ho diterima jika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 71 Hut p |
Keywords: | Model Pembelajaran; STAD; Hasil Belajar; Sistem Eksresi Manusia; TPS; Materi Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10866 |