Husnah, Miftahul (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH BERBANTUAN KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA NEGERI 16 MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409321037 COVER.pdf - Published Version
Download (847kB) | Preview
409321037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
409321037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (988kB) | Preview
409321037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
409321037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
409321037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (926kB) | Preview
409321037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (884kB) | Preview
409321037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
409321037 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (853kB) | Preview
409321037 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
409321037 BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
409321037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranberdasarkan masalah berbantuan komputer terhadap hasil belajar siswa pada materipokok listrik dinamis di kelas X SMA Negeri 16 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 16 Medan yang terdiri dari 8 kelas berjumlah 320 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas X-8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas berjumlah 80 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal dan tesberpikir kritis dalam bentuk essay dengan jumlah 5 soal. Pada saat penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 42,8 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 41,5. Dari hasil analisis data pretest menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kelas sampel masing-masing diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berdasarkan masalah berbantuan komputer dan kelas kontrol dengan model pembelajaran berdasarkan masalah. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 72,2 dan kelas kontrol 66,2. Dari hasil uji t satu pihak diperoleh thitung = 2,14 sedangkanttabel = 1,667. Karena thitung > ttabel (2,14 >1,667) maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian diperoleh bahwa ada pengaruh pembelajaran berdasarkan masalah berbantuan komputer terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester genap SMA Negeri 16 Medan T.P. 2012/2013. Hasil belajar siswa memiliki hubungan dengan berpikir kritis tinggi siswa, dari hasil analisis regresi diperoleh pada kelas eksperimen F(hitung)>F(tabel) (90,21>4,75) dan pada kelas kontrol F(hitung)>F(tabel) (54,48> 4,84), maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian diperoleh bahwa terdapat hubungan fungsional yang signifikan antara variabel berpikir kritis tinggi dengan variabel hasil belajar atauadanya hubungan antara kemampuan berpikir kritis tinggi terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Hus p |
Keywords: | Belajar; Aktivitas; Media; Komputer; Power Point; Pembelajaran; Masalah; Arus; Listrik; Ohm; Resistor Hambatan; Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Rini Arianti |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 05:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10863 |