Silaban, Boston (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 1 PANCUR BATU T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121012 Cover.pdf.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
409121012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
409121012 KATA PENGANTAR.pdf.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
409121012 Abstrak.pdf.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
409121012 Daftar Isi.pdf.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
409121012 DAFTAR TABEL.pdf.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409121012 DAFTAR GAMBAR.pdf.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409121012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409121012 BAB 1.pdf.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
409121012 BAB V.pdf.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
409121012 Dartar Pustaka.pdf.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
409121012 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Konvensional dan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Tink-Pair-Share serta adakah perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Konvensional dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Tink-Pair-Share pada materi pokok Listrik dinamis di SMA Negeri 1 Pancur Batu kelas X Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancur Batu yang terdiri dari 8 kelas paralel. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X7 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 40 orang siswa dan X8 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 38 orang siswa. Teknik pengambilan sampel digunakan secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dua yaitu tes hasil belajar dan observasi aktivitas. Sebagai alat pengumpul dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda. Sebelum tes pilihan berganda diberikan kepada siswa yang hendak diteliti terlebih dahulu tes divalidkan oleh dua orang dosen dan satu orang guru sebagai validator. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 39,5 dan kelas kontrol adalah 37,63, kemudian setelah dilakukan perlakuan yang berbeda yaitu Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think-Pair-Share pada kelas eksperimen dan Model Pembelajaran Konvensional pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 77,50 dan kelas kontrol 65,13. Dan rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dengan model pembelajaran koperatif TPS adalah 60,26 termasuk kategori aktif. Dari hasil uji t dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung = 7,227 sedangkan ttabel = 1,667 karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Tink-Pair-Share terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok Listrik dinamis di kelas X SMA Negeri 1 Pancur BatuT.P 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Sil p |
Keywords: | Aktivitas; Belajar; Hasil; Pembelajaran Kooperatif; TPS; Konvensional; Arus; Listrik; Ohm; Hambatan; Rangkaian; Daya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10862 |