Yunita, Citra (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II DI SMA DHARMAWANGSA MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409421005 COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
409421005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
409421005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
409421005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409421005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
409421005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409421005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409421005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
409421005 BAB I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
409421005 BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
409421005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswaakibat pengaruh model pembelajaran koperatif tipe STAD dengan metodeeksperimen terhadap hasil belajar siswa dan aktivitas siswa pada materi listrikdinamis kelas X semester II di SMA Dharmawangsa Medan T.P. 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian twogroup pre-tes dan post-tes. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa/i kelas X yang berjumlah 13 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan caracluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 13 kelas yaitu kelas XAsebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimendan kelas kontrol masing-masing berjumlah 37 siswa . Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dengan 5 pilihan dan lembar observasi aktivitas siswa yang dilakukan oleh dua observer. Uji Hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe STAD diperoleh rata-rata pretes 29,1 dengan standard deviasi 8,0 dan nilai rata-rata pos-tes 71 dengan standard deviasi 8,15. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pengajaran konvensional diperolah rata-rata pre-tes 24,3 dengan standard deviasi 8,9sedangkan rata-rata pos-tes 60 dengan standard deviasi 7,25. Kedua kelasberdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Aktifitas siswa di kelas eksperimen sebesar 71 %,dan berkategori baik. Hasil uji t dengan taraf signifikan α = 0,05 adalah thitung = 6,14 dan t tabel = 1,99 maka t hitung> t tabel = 6,14 > 1,99. Maka kriteria pengujian hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis Kelas X Semester II di SMA Dharmawangsa Medan T.P. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Yun p |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; STAD: Hasil Belajar; Aktivitas; Rangkaian; Komponen; Hukum Ohm; Arus Listrik; Hambatan Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 10:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10847 |