Hutauruk, Sarlestari (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 9 MEDAN T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarankooperatif tipe STAD berbantuan komputer terhadap hasil belajar siswa, sertauntuk mengetahui hubungan antara berpikir kritis dan hasil belajar (kognitif) siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan komputer pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA negeri 9 Medan T.A. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 9 Medan yang terdiri dari9 kelas paralel. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X5 sebagai kelaseksperimen dan X4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 35orang siswa. Teknik pengambilan sampel digunakan secara Cluster RandomSampling. Sebagai alat pengumpul data dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda untuk hasil belajar dan tes essay untuk berpikir kritis. Sebelum tes pilihan berganda dan essay diberikan kepada siswa yang hendak diteliti terlebih dahulu tes divalidkan oleh dua orang dosen dan satu orang guru fisika sebagai validator. Dari nilai rata-rata pretes diperoleh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah 35,95 dan 35,71. Data pretes ini kemudian diuji apakah datanya normal dan homogen. Setelah diperoleh data yang normal dan homogen, selanjutnya kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda yaitu Model Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Komputer pada kelas eksperimen dan Model Kooperatif Tipe STAD pada kelas kontrol. Setelah diberi perlakuan, dari nilai rata-rata postes diperoleh hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah 78,10 dan 72,86. Setelah diuji t, diperoleh thitung =1,88 sedangkan ttabel = 1,66 dengan demikian maka thitung > ttabel, atau dengan kata lain terdapat perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran yang dilakukan padakedua kelas. Untuk hubungan berpikir kritis dan hasil belajar (kognitif) siswa, diperoleh bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara berpikir kritis tinggi dan hasil belajar (kognitif) siswa baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol di kelas X SMA negeri 9 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Hut p |
Keywords: | Listrik; Media Pembelajaran; Media Komputer; Arus Listrik; Alat Ukur Meter; Hukum Ohm; Energi dan Daya Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10846 |