PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI SMA YAPIM MEDAN KELAS X SEMESTER II T.P. 2012/2013

Janri, Aquardes (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI SMA YAPIM MEDAN KELAS X SEMESTER II T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 061244210015 COVER.pdf]
Preview
Text
061244210015 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 061244210015 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
061244210015 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 061244210015 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
061244210015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 061244210015 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
061244210015 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 061244210015  DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
061244210015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 061244210015 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
061244210015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 061244210015 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
061244210015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 061244210015  BAB I.pdf]
Preview
Text
061244210015 BAB I.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 061244210015  BAB V.pdf]
Preview
Text
061244210015 BAB V.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 061244210015  DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
061244210015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh hasil belajar siswa denganmenggunakan Model Pembelajaran Problem Solving dengan model pembelajaranKonvensional. Penelitian ini dilakukukan di SMA YAPIM MEDAN dengan menggunakanModel Pembelajaran Problem Solving di kelas X1 dan melakukan model pembelajaran Konvensional dikelas X2.Adapun jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalahseluruh siswa kelas X semester II SMA YAPIM MEDAN. Sampel dalam penelitian inidiambil secara random sampling sebanyak 2 kelas dengan jumlah sampel sebanyak 32 siswa untuk kelas eksperimen dan 32 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa objektif tes sebanyak 20 soal pilihan berganda. Sebelum diujikanterlebih dahulu divalidasi oleh validator. Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 37,50 dan padakelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 33,125. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen sebesar 62,343sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 53,437. Hasil pengujian normalitas pada kelas eksprimen, dari data skor pretes siswa kelas eksperimen adalah Lhitung < Ltabel atau 0,0785<0,1560 dan daridata skor postes, Lhitung < Ltabel atau 0,1386 < 0,1560, begitu juga pada kelas kontrol, dari data skor pretes siswa Lhitung < Ltabel atau 0,1540 < 0,1560 dan dari data skor postes, Lhitung <Ltabel atau 0,1361< 0,1560 ini menyimpulkan bahwa data berdistribusi normal baik di kelas Eksperimen maupun di kelas Kontrol melalui Uji Lilliefors dengan taraf nyata a=0,05. Padahasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,363 > 1,66 pada taraf signifikansi &#945; =0,05 dan dk = 62. Hal ini berarti Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapatpengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving dengan model pembelajaran Konvensional pada materi Listrik Dinamis di SMA YAPIM MEDAN.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 537.607 12 Jan p
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Problem Solving; Arus Listrik; Hukum Ohm; Hambatan Listrik; Rangkaian Listrik; Energi dan daya Listrik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 24 Aug 2016 02:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10844

Actions (login required)

View Item
View Item