Dabutar, Surya Ana (2013) PENGARUH PENERAPAN GENIUS LEARNING STRATEGY (GLS) BERBANTUAN MEDIA KARTU KERJA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X MAN 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. 409131079 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
02. 409131079 lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
04. 409131079 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
03. 409131079 Abstrak.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
05. 409131079 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
06. 409131079 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
07. 409131079 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
08. 409131079 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
10. 409131079 BAB I.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
14. 409131079 BAB V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
09. 409131079 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa dengan pembelajaran Genius Learning Strategy berbantuan media kartu kerja lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional berbantuan media kartu kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 3 Medan yang berjumlah 8 kelas dan setiap kelas rata-rata terdiri dari 32 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik sampling purposif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 18 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menerapkan Genius Learning Strategy berbantuan media kartu kerja memberikan hasil yang lebih tinggi (84,6 + 8,63), daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional berbantuan media kartu kerja (68,6 + 12,16). Peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menerapkan Genius Learning Strategy berbantuan media kartu kerja memberikan hasil sebesar 80,12% sedangkan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional berbantuan media kartu kerja sebesar 55,42%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia dengan pembelajaran Genius Learning Strategy berbantuan media kartu kerja lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional berbantuan media kartu kerja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.410712 Dab p |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Genius Learning Strategy; Media Kartu Kerja; Atom Karbon |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10826 |