Lubis, Melda (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS VIII MTSN 2 MEDANT.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
061244210035 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
061244210035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
061244210035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
061244210035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
061244210035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
061244210035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
061244210035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
061244210035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
061244210035 BAB I.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
061244210035 BAB V.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
061244210035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa denganmenggunakan model pembelajaran Advance Organizer Berbasis Mind Mapping pokok bahasan usaha dan energi di kelas VIII MTsN 2 Medan pada tahun pembelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Medan tahun pembelajaran 2012/2013 yang berjumlah 360 siswa dan terdistribusi pada 6 kelas. Sedangkan yang menjadi sampelnya yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 40 siswa dan kelas VIII-4 sebagai kelas control dengan jumlah 40 siswa.. Teknik pengambilan sampel yaitu pengambilansampel secara random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar.Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen (model pembelajaran Advance Organizer berbasis Mind Mapping) adalah 41,5 dan rata-rata pre-test kelas kontrol (model pembelajaran Advance Organizer) adalah 41. Semua data pre-test, post-test dan diperoleh data berdistribusi normal.Data tersebut kemudian diuji homogenitas sehingga diketahui kedua kelas homogen. Setelah diberi perlakuan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 82,25 dan pada kelas control diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 76,25. Sehingga dapat diketahui bahwa berarti hasil belajar siswa yang diberi pengajarandengan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer berbasis Mind Mapping lebih tinggi daripada menggunakan model pembelajaran Advance Organizer pada pokok bahasan usaha dan energi di kelas VIII MTsN 2 Medan TP. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530 Lub p |
Keywords: | Media Pembelajaran; Advance Organizer; Mind Mapping; Energi; Usaha |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC770 Nuclear and particle physics. Atomic energy. Radioactivity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10815 |