Febriyanti, Yohana (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) PADA SUB MATERI POKOK HEWAN VERTEBRATA DI KELAS X-3 SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141107 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409141107 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (726kB) | Preview
409141107 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
409141107 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
409141107 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409141107 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409141107 DAFTAR GAMBAR'.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409141107 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409141107 BAB I.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
409141107 BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
409141107 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran padasub materi pokok hewan vertebrata dengan menggunakan model pembelajarankooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) pada siswa kelas X-3 SMA N 3Medan yang terdiri dari 40 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus penelitian. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian berupa tes pilihan ganda 30 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes siswa sebelumdilaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajarankooperatif tipe TPS adalah 47,85, sedangkan nilai rata-rata postes I adalah 73,4, dan terdapat 32 orang siswa yang termasuk kriteria tuntas dalam belajar. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80. Berdasarkan persentase rata-rata siswa yang aktif pada siklus I dan siklus II diperoleh peningkatan aktivitas siswa yaitu dari 54,6% meningkat menjadi 70,7%. Peningkatan kegiatan aktivitas siswa sangat tampak pada siklus II bahwa siswa sangat merespon atau tertarik dengan pembelajaran menggunakan metode ThinkPair And Share (TPS). Hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan yaitu sebesar 8,99%. Dengan melihat hasil penelitian di atas maka model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 596.071 2 Feb u |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Model Think Pair and Share; Subfilum Vertebrata; Hewan Vertebrata; Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10800 |