Simanjuntak, Salomo Leonardus (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 11 MEDAN T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121072 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
409121072 pengesahan.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
409121072 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
409121072 Abstrak.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
409121072 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
409121072 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
409121072 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
409121072 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
409121072 BAB I.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
409121072 BAB V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
409121072 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model GroupInvestigationterhadap hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui aktivitas siswa dengan menggunakan Model Group Investigationpada materi pokok ListrikDinamis di SMA Negeri 11 Medan kelas X Semester II Tahun Ajaran 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari 9 kelas paralel. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X9 sebagai kelaseksperimen dan X8 sebagai kelas kontrol yang masing- masing terdiri dari 40orang siswa. Teknik pengambilan sampel digunakan secara Cluster RandomSampling. Sebagai alat pengumpul data dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda. Sebelum tes pilihan berganda diberikan kepada siswa yang hendak diteliti terlebih dahulu tes divalidkan oleh dua orang dosen dan satu orang guru fisika sebagai validator. Pada kelas eksperimen aktivitas rata-rata siswa dalam tiga kali pertemuan, yaitu 51%, 62%, dan 75%. Dari data yang diperoleh maka ada pengaruh Model Group investigationdalam meningkatkan aktivitas belajar pada materi pokok listrik dinamis di kelas X SMAnegeri 11 medan. Dan dari hasil penelitian setelah dilakukan perlakuan yang berbeda yaitu Model Group investigation pada kelas eksperimen dan Model Pembelajaran Konvensional pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 76,00 dan kelas kontrol 66,25. Dari hasil uji t maka dapat disimpulkan ada pengaruhModel Group investigation terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokokListrik Dinamis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Sim p |
Keywords: | Hakikat Belajar; Aktivitas Belajar; Pembelajaran Konvensional; Pembelajaran Kooperatif; Alat Ukur Listrik |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10798 |