Pardosi, Jenopa (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 HABINSARAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121042 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409121042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
409121042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409121042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
409121042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409121042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409121042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409121042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409121042 BAB I.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
409121042 BAB V..pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409121042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarankooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Peta Konsep terhadap hasil belajar kognitif dan aktivitas siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 1 Habinsaran T.P. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Habinsaran terdiri dari 6 kelas berjumlah 232 orang. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster randomsampling, yaitu Kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32orang dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 40 orang.Instrumen yang digunakan ada 2, yaitu tes hasil belajar dan lembar observasiaktifitas belajar siswa.Tes hasil belajar dibuat dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 45,00 dengan standar deviasi 11,57 dan nilai rata-rata kelas kontrol 45,13 dengan standar deviasi 13,47. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data, kedua data berdistribusi normal dan berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t pretes untuk α = 0,05 dan dk= 70, diperoleh thitung < ttabel, maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dan kelas kontrol dengan modelpembelajaran langsung. Setelah pembelajaran selesai, dilakukan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 74,06 dengan standar deviasi 9,11 dan kelas kontrol 63,13 dengan standar deviasi 10,97. Rata-rata keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 72,60 termasuk kategori aktif. Hasil uji t postes untuk α=0,05 dan dk=70, diperoleh thitung = 4,55 dan ttabel = 1,669, sehingga thitung> ttabel, maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh yang signifikan terhadaphasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipeNumbered Heads Together (NHT) pada materi pokok Listrik Dinamis di KelasX Semester II SMA N 1 Habinsaran T.P. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Par p |
Keywords: | Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Pembelajaran Kontruktivisme; Pembelajaran Kooperatif |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10796 |