PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 2 SIDIKALANG T.P. 2012/2013

Sinaga, Nova Rina Setia Sari (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 2 SIDIKALANG T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409121061 COVER.pdf]
Preview
Text
409121061 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 409121061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409121061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of 409121061 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409121061 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 409121061 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409121061 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 409121061 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409121061 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 409121061 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
409121061 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 409121061 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
409121061 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 409121061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409121061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 409121061 BAB I.pdf]
Preview
Text
409121061 BAB I.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 409121061 BAB V.pdf]
Preview
Text
409121061 BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 409121061 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409121061 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 2 Sidikalang T.P. 2012/2013
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian control group pretes – postes. Populasi seluruh siswa kelas kelas X SMA Negeri 2 Sidikalang yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Alat yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah tes yang berbentuk pilihan ganda untuk soal pretes dan postes yang dibuat sebanyak 20 soal dan terdiri dari 5 pilihan jawaban dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 38,38 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 38,63. Pada pengujian normalitas di kelas eksperimen dengan Lhitung=0,1143dan Ltabel = 0,1401, kelas kontrol dengan Lhitung=0,1288 dan Ltabel=0,1401, diperoleh Lhitung<Ltabel, maka data
kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung=1,69 dan Ftabel=1,705 sehingga Fhitung<Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok
yang homogen. Setelah diberikan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 72,75 dengan Lo=0,1141 dan Ltabel=0,1401 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai postes siswa 65,88 dengan Lo=0,1319 dan Ltabel =0,1401 diperoleh Lo<Ltabel maka data kedua
kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung=1,03 dan Ftabel=1,705 sehingga Fhitung<Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok
yang homogen. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,19 > 1,667 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 78. Hal ini berarti Ha terima yang berarti ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berbantuan Mind Mapping dengan model pembelajaran
konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 537.607 12 Sin p
Keywords: Hasil Belajar; Ranah Kognitif; Aktivitas Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Arus Listrik; Hukum Ohm; Alat Ukur Listrik; Hambatan Listrik
Subjects: Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 21 Nov 2016 08:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10794

Actions (login required)

View Item
View Item