Purba, Theresia Hartaulina (2013) INOVASI PEMBELAJARAN METODE KONVENSIONAL DIKOMBINASIKAN DENGAN STRATEGI PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SUB MATERI POKOK SISTEM INDRA MANUSIA DI KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 3 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141095 COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
409141095 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
409141095 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
409141095 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
409141095 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
409141095 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409141095 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409141095 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409141095 BAB I.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
409141095 BAB V.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409141095 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 3 Binjai dengan menggunakan inovasi pembelajaran metode konvensional dikombinasikan dengan strategi peta konsep (concept mapping) mata pelajaran Biologi.Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 3 Binjai T.P 2012/2013. Penelitian ini di desain dalam bentuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan dua siklus penelitian, yang diamati secara langsung oleh penelti dan guru. Pengamatan dilakukan pada 40 orang siswa. Adapun yang menjadi indikator keberhasilan penelitian meliputi: persentase peningkatan hasil belajar, ketuntasan belajar, dan hasil dari penilaian peta konsep yang dikerjakan oleh siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kognitif dan lembar penilaian peta konsep siswa. Data dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Siswa yang memperoleh nilai tuntas pada pretes berjumlah 0 siswa, pada postes I 14 siswa, dan pada postes II meningkat menjadi 37 siswa. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada Pretest adalah 34,9 rata-rata postest I adalah 75,4, dan nilai rata-rata siswa pada Postest II adalah 86,3. Persentase ketuntasan nilai siswa secara klasikal pada siklus I adalah 35%, hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan seacar kalsikal karena belum mencapai ≥85%. Pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa menjadi adalah 92,5%, Dalam aspek psikomotorik, yaitu penilaian terhadap hasil peta konsep (concept mapping) siswa menunjukkan nilai yang baik. Untuk penilaian pada peta konsep pada siklus I, siswa mendapatkan persentase rata-rata 67,57%, dan hasilnya meningkat pada siklus II menjadi 87,5. Hasil penelitian membuktikan, inovasi pembelajaran metode konvensional dikombinasikan dengan strategi peta konsep (concept mapping) dapat meningkatkan hasil belajar kelas XI IPA 3 SMA Negeri 3 Binjai T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 611.307 12 |
Keywords: | Belajar; Inovasi; Metode Konvensional; Peta Konsep; Indra Manusia; Alat Evaluasi; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10786 |