Ariga, Saddam Hasan (2013) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DAN OPTIKA GEOMETRIS DI KELAS X SEMESTER GENAP SMA N 3 LANGSA T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121088 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
408121088 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
408121088 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
408121088 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
408121088 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
408121088 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
408121088 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
408121088 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
408121088 BAB I.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
408121088 BAB V.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
408121088 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Cahaya dan Optika Geometris di kelas X SMA Negeri 3 Langsa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah Two Group Pretes Postes Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester genap SMA Negeri 3 Langsa yang berjumlah 8 kelas. Yang menjadi sampel penelitian ada dua kelas yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 siswa ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan ada 2 yaitu tes hasil belajar yang berjumlah 20 item yang telah divalidkan oleh validator, dan lembaran observasi. Uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 40,28 dengan standar deviasi 10,35 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 40,42 dengan standar deviasi 9,18. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1120 dan Ltabel = 0,1497, untuk kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,1160 dan Ltabel = 0,1497. Data postes kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,0761 dan Ltabel = 0,1497, untuk kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,1264 dan Ltabel = 0,1497. Sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel , maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pretes kedua sampel diperoleh Fhitung = 1,27 dan Ftabel = 1,77 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil postes dengan rata-rata kelas eksperimen 75,57 dan kelas kontrol 65. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,176 > 1,668, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok cahaya dan optika geometris di kelas X Semester Genap SMA Negeri 3 Langsa T.P. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 535.140 712 Ari p |
Keywords: | Hasil Belajar; Cermin Datar; Cahaya; Optika Geometris; Kaca Mata; Cermin Lengkung; Contextual Teaching and Learning |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10777 |