Dalimunthe, Asmidar (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA DHARMAWANGSA MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409421003 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
409421003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
409421003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409421003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
409421003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
409421003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409421003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409421003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409421003 BAB I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
409421003 BAB V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
409421003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)berbantuan peta konsep, aktifitas siswa selama mengikuti proses pembelajarandengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), pengaruhmodel pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan petakonsep pada materi pokok listrik dinamis di SMA Swasta Dharmawangsa Medan.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian twogroup pretes dan postes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Dharmawangsa Medan. Sampel penelitian diambil 2 kelas yangditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X-1 (kelaseksperimen) dan kelas X-3 (kelas kontrol) yang masing-masing kelas berjumlah 35 dan 37 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 15 soal yang sebelumnya telah divalidkan oleh tiga orang validator. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Dari analisa data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 42,3 dengan standar deviasi 9,7 dan nilai rata-rata pretes kelaskontrol adalah 43,1 dengan standar deviasi 11,1, sehingga diperoleh Fhitung sebesar 1,30 dan Ftabel sebesar 1,77. Karena Fhitung < Ftabel (1,30< 1,77), maka hasil pretes untuk kedua kelas mempunyai varians yang sama (homogen). Setelah itu kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan peta konsep dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 70,5 dengan standar deviasi 10,5 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 64,1 dengan standar deviasi 10,9. Kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t pada  = 0,05 dan dk = 70 diperoleh thitung > ttabel atau 2,99 > 1,6717 sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di SMA Swasta Dharmawangsa Medan. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata aktivitas siswa dari pertemuan I s/d II sebesar 67,30 dengan kategori aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Dal p |
Keywords: | Hasil Belajar; Aktivitas Siswa; Model Pembelajaran; Listrik Dinamis; Arus Listrik; Hukum Ohm; Rangkaian Hambatan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10771 |