Lumban Tobing, Fretty Junita Br. (2013) PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP SWASTA YPAK PTPN 3 SEI KARANG T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409111032 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409111032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
409111032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
409111032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409111032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409111032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409111032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409111032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
409111032 BAB I.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
409111032 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
409111032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
409111032 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Swasta YPAK PTPN 3 Sei Karang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru. Subjek penelitian yaitu kelas VIII SMP Swasta YPAK PTPN 3 Sei Karang yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian adalah peningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menerapkan metode penemuan terbimbing di kelas VIII SMP Swasta YPAK PTPN 3 Sei Karang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika.Berdasarkan hasil tes diagnostik diketahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sangat rendah dengan nilai rata-rata kelas 12,87. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah sedang dengan nilai rata-rata kelas 30,83 dengan 18 siswa atau 60% dari keseluruhan siswa telah mencapai ketuntasan belajar dan kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 3.03 dengan kategori baik. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah tinggi dengan nilai rata-rata kelas 34,57 dimana jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 26 orang atau 86,67% dari seluruh siswa dan kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 3,53 dengan kategori sangat baik. Adapun peningkatan tertinggi yaitu pada aspek memeriksa kembali sebesar 0,6.Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah terdapat 85% siswa yang telah tuntas memecahkan masalah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Swasta YPAK PTPN 3 Sei Karang dimana peningkatan tertinggi ada pada aspek memeriksa kembali. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan terbimbing ini dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.942 071 Lum p |
Keywords: | Hakikat Belajar Matematika; Metode Pengajaran; Metode Penemuan Terbimbing; Materi Kubus; Balok; Bangun Ruang; Sisi Datar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10745 |