Septia, Swarenda (2013) PENERAPAN GENIUS LEARNING STRATEGY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR KELAS VIII SMP HARAPAN MEKAR T. A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409311054 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
409311054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
409311054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
409311054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
409311054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
409311054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409311054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409311054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409311054 BAB I.pdf - Published Version
Download (747kB) | Preview
409311054 BAB V.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
409311054 DAFATR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Genius Learning kelas VIII SMP Harapan Mekar tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A dengan jumlah siswa 40 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran Genius Learning Strategy pada materi faktorisasi suku aljabar di kelas VIII SMP Harapan Mekar tahun ajaran 2013/2014. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengetahui proses pembelajaran. Penelitian ini dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan dilakukan observasi dengan memperhatikan observasi pembelajaran dan diakhir dari siklus diberikan tes belajar siswa. Hasil observasi proses pembelajaran berlangsung dengan baik yaitu dari hasil observasi di siklus I mencapai 2,5 dengan kategori cukup baik dan mengalami peningkatan di siklus II mencapai 3,0 dengan kategori baik. Sedangkan hasil analisis tes hasil belajar yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan I dengan menggunakan pembelajaran Genius Learning, hasil belajar siswa ( 65) secara klasikal masih belum tercapai karena hanya 23 siswa (57,5%) yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 65,35. Setelah pelaksanaan tindakan siklus II, hasil belajar siswa ( 65) secara klasikal telah tercapai yaitu 35 siswa (87,5%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 74,5. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan hasil belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II adalah 30% Karena hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan ketuntasan belajar klasikal telah tercapai dan terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa sehingga pelaksanaan tindakan berhenti. Dengan demikian, pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran Genius Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Harapan Mekar tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 511.324 Sep p |
Keywords: | Hakekat Belajar; Pembelajaran Matematika; Strategi Genius Learning; Suku Aljabar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10725 |