Saputri, Andrayana (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS VIII SMP SWASTA BRIGJEND KATAMSO MEDAN T.A. 20. Undergraduate thesis, UNIMED.
-409411003 COVER.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
409411003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
409411003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
409411003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
409411003 DAFTAR IS1.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
409411003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
409411003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
409411003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
409411003 BAB I.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
409411003 BAB V.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
409411003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswayang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Think PairShare (TPS) lebih tinggi daripada tipe Student Teams Achievement Division(STAD) pada materi Relasi dan Fungsi di kelas VIII SMP Swasta BrigjendKatamso Medan T.A. 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swata Brigjend Katamso Medan dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-8 yang berjumlah 40 siswa diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS yang disebut sebagai kelas eksperimen A dan kelas VIII-9 yang berjumlah 40 siswa diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang disebut sebagai kelas eksperimen B. Instrumen penelitian ini menggunakan tes berupa pilihan berganda yang telah valid dari perhitungan validitas tes dan perhitungan reliabilitas tes sebanyak 15 soal dimana= 0,859 > = 0,312 yang berarti tes yang diujikan reliabel.Nilai rata-rata hasil pretest siswa pada kelas eksperimen A adalah 32,33dengan standar deviasi adalah 13,21. Nilai rata-rata hasil pretest siswa pada kelas eksperimen B adalah 32,00 dengan standar deviasi adalah 11,42. Nilai rata-rata hasil postest siswa pada kelas eksperimen A adalah 80,50 dengan standar deviasi adalah 11,44. Nilai rata-rata hasil postest siswa pada kelas eksperimen B adalah 73,33 dengan standar deviasi adalah 13,84. Dari hasil analisis data berupa uji normalitas data pretest hasil belajar kelas eksperimen A diperoleh L0 (0,1238) <Ltabel (0,1401) dan data pretest hasil belajar kelas eksperimen B diperoleh L0(0,1308) <Ltabel (0,1401). Data postest hasil belajar kelas eksperimen A diperolehL0 (0,1160) < Ltabel (0,1498) dan data postest hasil belajar kelas eksperimen Bdiperoleh L0 (0,1094) < Ltabel (0,1498). Dengan demikian dapat disimpulkan keduakelas berdistribusi normal. Dari hasil analisis data berupa uji homogenitas datapretest diperoleh nilai Fhitung = 1,338 dan data postest diperoleh nilai Fhitung =1,464. Pada taraf signifikan = 0,05 diperoleh harga Ftabel = 1,704. KarenaFhitung < Ftabel maka data pretest dan data postest kedua sampel homogen.Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis diperoleh thitung =2,568. Pada taraf signifikan = 0,05 diperoleh harga ttabel = 1,667. Karena thitung> ttabel yaitu 2,568 > 1,667 maka ini berarti bahwa Ha diterima sehingga hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe Think Pair Share (TPS) lebih tinggi daripada tipe Student Teams AchievementDivision (STAD) pada materi Relasi dan Fungsi di kelas VIII SMP SwastaBrigjend Katamso Medan T.A. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 511.8 Sap p |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran Matematika; Kooperatif; STAD; Relasi; Fungsi; Notasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 06:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10708 |