Perangin-angin, Joni Posta (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MATERI TABUNG DAN KERUCUT DI KELAS VIII SMP KARYA SEDAR SIBIRU-BIRU T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408311024 - COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
408311024 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
408311024 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
408311024 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
408311024 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
408311024 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408311024 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408311024 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
408311024 - BAB I.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
408311024 - BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
408311024 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Karya Sedar Sibiru-biru dengan penerapan metode penemuan terbimbing dan menggunakan alat peraga dalam mempelajari materi tabung dan kerucut Tahun Ajaran 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Karya Sedar Sibiru-biru yang berjumlah 28 orang siswa, yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi tabung dan kerucut melalui pembelajaran metode penemuan terbimbing dengan alat bantu alat peraga.Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi dan wawancara. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran metode penemuan terbimbing yang disertai alat peraga, lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran dan keaktifan siswa selama proses penerapan pembelajaran metode penemuan terbimbing yang disertai alat peraga dan wawancara digunakan untuk mengetahui apa saja kesulitan belajar siswa.Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini dimulai dari siklus I dengan pemberian tes awal yang bertujuan untuk mengetahui letak kesulitan siswa dalam mempelajari tabung dan kerucut. Setelah ditemukannya permasalahan, maka dilanjutkan dengan pemberian alternatif pemecahan (perencanaan), pelaksanaan tindakan, observasi, analisis data, dan refleksif. Hasil yang diperoleh berdasarkan paparan data terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebelum diberi tindakan rata-rata tes awal siswa adalah 45,17 dengan ketuntasan klasikal 32,14%. Setelah diberi tindakan I dengan menerapkan pembelajaran metode penemuan terbimbing yang disertai alat peraga nilai rata-rata tes hasil belajar I menjadi 67,32 dengan ketuntasan klasikal 71,43% ini berarti terjadi peningkatan 39,29% dari tes awal. Kemudian setelah diberikan tindakan II diperoleh rata-rata nilai tes hasil belajar II 76,43 dengan ketuntasan klasikal 89,29% ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 17,86% dari tes hasil belajar I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran metode penemuan terbimbing dan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.5 Per u |
Keywords: | bangun ruang; hasil belajar; matematika; alat peraga; penemuan terbimbing; tabung; kerucut |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10701 |