Bangun, Ria Pratiwi (2013) PENERAPAN PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH PADA SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS X SMA NEGERI 2 MODEL BINJAI TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409411038 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
409411038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (959kB) | Preview
409411038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409411038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409411038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
409411038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409411038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409411038 BAB I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
409411038 BAB V.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409411038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409411038 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409411038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah dilakukan penerapan pendekatan belajar tuntas dengan Metode pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linier dua variabel dikelas X SMA Negeri 2 Model Binjai Tahun Ajaran 2013/2014.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 MODEL Binjai. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas X-11 sebanyak 40 orang dan kelas X-2 sebanyak 40 orang. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan test essay yaitu untuk melihat hasil belajar siswa. Sebelum tes ini ditetapkan sebagai alat pengumpul data, terlebih dahulu di valid kan oleh 1 orang Dosen dan 2 orang guru untuk melihat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata pre-test 39,12 dan post test 79,15, dengan menggunakan uji statistik-t pada taraf signifikan dalam pembuktian hipotesis diperoleh harga t¬hitung = 8,898 dan ttabel = 2,023. Ini menunjukkan bahwa diterima hipotesis yang menyatakan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika siswa yang signifikan setelah dilakukan penerapan pendekatan belajar tuntas dengan metode pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas X SMA Negeri 2 Model Binjai. Dalam hal ketuntasan belajar secara klasikal diperoleh bahwa 35 dari 40 atau 87,5% yang tuntas belajar dan 5 dari 40 atau 12,5% yang tidak tuntas belajar. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kelas tersebut telah tuntas belajar pada materi sistem persamaan linier dua variabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Ban p |
Keywords: | linier; reduksi data; variabel; belajar tuntas; pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 06:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10688 |