Wulandari, Kiki (2013) EFEKTIVITAS STRATEGI RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI SEL DI KELAS XI IPA SMA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408141079 COVER.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
408141079 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
408141079 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408141079 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
408141079 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
408141079 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
408141079 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
408141079 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
408141079 BAB I.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408141079 BAB V.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
408141079 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas belajar siswa dengan menerapkan strategi mengajar dengan Strategi Reciprocal Teaching pada materi Sel di Kelas XI IPA SMA Dharma Pancasila Medan T.P 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian Pra-Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Dharma Pancasila Medan T.P 2012/2013 sebanyak 71 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 orang dimana teknik pengambilan sampelnya dilakukan secara purposif.Penelitian ini merupakan penelitian Pra-Eksperimental. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda terdiri dari 50 soal. Sebelum tes digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini, terlebih dahulu divalidkan dan uji coba ke kelas lain. Hasil uji coba instrumen diperoleh dari 50 soal yang diujicobakan terdapat 37 soal yang valid. Soal yang digunakan sebagai instrumen penelitian ini sebanyak 31 soal dari soal yang valid disebabkan 6 soal lainnya dikategorikan soal jelek. Dalam penelitian ini keefektifan suatu pembelajaran dilihat dari 3 indikator yaitu;(1) Ketuntasan belajar siswa;dan (2) Penguasaan materi, 3) Ketuntasan pencapaian TP. Hasil analisis data diperoleh bahwa;(1) Terdapat 30 orang atau 91% siswa yang telah tuntas belajar, dan 3 orang atau 9,1% siswa yang belumtuntasbelajar. Secaraklasikalketuntasanbelajarsiswatelahterpenuhi. (2) Tingkat penguasaansiswaterhadappembelajaranadalah 2 orang atau (6,06%) siswadengankategorirendah, 19 orang (57,6%) siswadengankategorisedang, 9 orang (27,27%) siswadengankategoritinggi, dan 3 orang (9,1%) siswadengankategorisangattinggi.Secarakeseluruhantingkatpenguasaanmaterisiswaadalah 76,53%, sehinggasyaratketercapaiantingkatpenguasaansiswadipenuhi. (3) ketercapaianTujuanPembelajaran (TP) sebanyak 5 TPK (83%) dari 6 TPtelahtuntas, sehinggasyaratketercapaian TPterpenuhi.Berdasarkan indikator keefektivan pada penelitian ini, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Strategi Reciprocal Teaching efektif diterapkan pada materi Sel di Kelas XI IPA SMA Dharma Pancasila Medan T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.870 71 Wul e |
Keywords: | Pembelajaran;Sel;Tumbuhan;Sintaksis;Hewan;Memberan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH573 Cytology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 05:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10677 |