Syah, Firman (2013) UPAYA MENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII SMP AL-WASHLIYAH 4 MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244110051 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
071244110051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
071244110051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
071244110051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
071244110051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
071244110051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
071244110051 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071244110051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
071244110051 BAB I.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
071244110051 BAB V.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
071244110051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktfitas dan hasil belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linear satu vaariabel di kelas VII SMP Al-Washliyah 4 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT).Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Al-Washliyah 4 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 28 orang. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear satu vaariabel.Data penelitian data dikumpulkan dengan mengguunakan tes (tes awal, test tindakan I, dan test tindakan II) dan observasi. Tes yang diberikan sebanyak 5 soal. Dari hasil test awal didapat hasil belajar siswa dengan rata-rata 62,14 yang jauh dibawah nilai ketuntasan yaitu 75%. Pada tes hasil belajar siklus I (test tindakan I) diperoleh rata-rata 70,35 dan terdapat 6 siswa dari 28 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar dengan ketuntasan klasikal 78,57%. Ini berarti terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 8,21 dan peningkatan ketuntasan sebesar18,40% dari test tindakan I yang dilaksanakan. Karena tingkat ketuntasan klasikal belum mencapai 85% maka dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II diperoleh hasil belajar (test tindakan II) dengan rata-rata 75,17 dengan 4 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar dan tingkat ketuntasan klasikal 85,71%, yang berarti terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 4,82 dan peningkatan ketuntasan sebesar 7,14%.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear satu vaariabel di kelas VII SMP Al-Washliyah 4 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 sehingga model pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Sya u |
Keywords: | Bilangan;Liniar; Pembelajaran;Persamaan; Matematika; Kelas; NHT; Kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 05:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10634 |