Lubis, M. Syukri (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS IX SMP NEGERI 27 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244110017 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
071244110017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
071244110017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
071244110017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
071244110017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
071244110017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
071244110017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
071244110017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
071244110017 BAB I.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
071244110017 BAB V.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
071244110017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada materi statistika di kelas IX SMP 27 Medan Tahun 2012/2013 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 27 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi statistika.Data penelitian data dikumpulkan dengan menggunakan tes (pretest, tes hasil belajar I, dan tes hasil belajar Ii) dan observasi. Tes yang diberikan sebanyak 10 soal. Dari hasil pretest didapat hasil belajar siswa dengan rata-rata 62,00 yang jauh dibawah nilai ketuntasan yaitu 75%. Pada tes hasil belajar siklus I (tes hasil belajar I) diperoleh rata-rata 70,50 dan terdapat 12 siswa dari 30 siswa dari 30 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar dengan ketuntasan klasikal 76,66%. Ini berarti terjadi peningkatan nilai rata-rata 8,50 dan peningkatan ketuntasan sebesar 16,66 dari tes hasil belajar I yang dilaksaanak. Karena tingkat ketuntasan klasikal belum mencapai 85% maka dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II diperoleh hasil belajar (tes hasil belajar II) dengan rata-rata 75,00 dengan 4 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar dan tingkat ketuntasan klasikal 86,66%, yang berarti terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 5,50 dan peningkatan ketuntasan sebesar 10%.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi statistika di kelas IX SMP N 27 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 sehingga model pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 519.507 1 Lub p |
Keywords: | Belajar; Matematika; Modul; Kooperatif; Jigsaw; Statistika; Hitung; Modus; Median; Quartil |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 06:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10616 |