Samosir, B Lewinarsi (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUAZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP ST. YOSEPH MEDAN T.A.2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408111071 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
408111071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
408111071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
408111071 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
408111071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
408111071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
408111071 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
408111071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
408111071 BAB I.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
408111071 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
408111071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan kreativitas matematika pada materi Teorema Phytagoras di SMP. St. Yoseph Medan T.A. 2012/2013.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C yang berjumlah 34 orang siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada materi Teorema Pythagoras.Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi. tes digunakan untuk mengetahui kreativitas siswa yaitu berpikir kreatif lancar, luwes dan original setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization), lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization).dari hasil penelitian diperoleh bahwa pada tes kreativitas siklus I yaitu dari 34 siswa terdapat 29 siswa (85,29%) yang tingkat kreativitas tergolong rendah dan terjadi peningkatan jumlah siswa yang tingkat kreativitasnya tergolong sedang dan tinggi pada siklus II menjadi 31 orang (91,17%). dari hasil tes kreativitas I dan tes kreativitas II diperoleh peningkatan nilai rata-rata siswa yaitu dari 36,62 menjadi 79,62. dengan kata lain peningkatan nilai rata-rata kreativitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 43,0. hasil observasi proses pembelajaran berjalan dengan baik yaitu dari hasil observasi di siklus I mencapai 2,18 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan di siklus II menjadi 3,61 dengan kategori baik.dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan kreativitas matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 71 Sam p |
Keywords: | Belajar; Matematika; Kreativitas; Model; Kooperatif; TAI; Teorema; Phytagoras; Bangun Datar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10601 |