Apriliani, Dewi (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RECIPROCAL TEACHING DENGAN JIGSAW PADA MATERI POKOK VIRUS DI KELAS X SMA SANTO YOSEPH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244410121 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
071244410121 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
071244410121 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
071244410121 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
071244410121 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
071244410121 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
071244410121 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
071244410121 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
071244410121 BAB I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
071244410121 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
071244410121 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dan Jigsaw pada materi pokok virus di kelas X SMA Santo Yoseph Medan T.P.2012/2013 dijelaskan dalam skripsi ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Santo Yoseph Medan sebanyak 4 kelas dan sampel penelitian diperoleh secara acak (random sampling) yaitu kelas X-2 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas Reciprocal Teaching dan kelas X-4 yang berjumlah 33 orang siswa sebagai kelas Jigsaw. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yakni objektif tes sebanyak 25 soal yang terdiri dari 5 pilihan dan sudah di uji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukarannya.Dari hasil penelitian diperoleh persentase ketercapaian KKM pada kelas yang diajarkan dengan model Reciprocal Teaching sebesar 90.91% sedangkan yang diajarkan dengan Jigsaw sebesar 78,79%. Nilai rata-rata pada kelas yang diajarkan dengan model Reciprocal Teaching sebesar 77,45 dengan SD 9,89 dan yang diajarkan dengan Jigsaw sebesar 72,12 dengan SD 8,28. Data yang diuji ternyata berdistribusi normal dan homogen. Untuk melakukan uji hipotesis digunakan dengan uji-t dengan taraf kepercayaan α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung>ttabel. (2,39 >1.99)l. Uji hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara model pengajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dengan tipe Jigsaw pada materi pokok virus di kelas X SMA Swasta Santo Yoseph Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 579.207 1 Apr p |
Keywords: | Tubuh;Pembelajaran;Kooperatif;Jigsaw;Virus;Pengajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 05:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10599 |