Samosir, Ervides (2013) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF DI KELAS VII SMP BUDI MURNI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408111048 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408111048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
408111048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
408111048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
408111048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
408111048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
408111048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
408111048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
408111048 BAB I.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
408111048 BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
408111048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
408111048 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan pembelajaran matematika pada materi himpunan melalui penerapan Model Pembelajaran Berpikir Induktif dan untuk mengetahui apakah melalui penerapan Model Pembelajaran Berpikir Induktif dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi himpunan di kelas VII SMP Budi Murni 3 Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Research) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Budi Murni 3 Medan yang berjumlah 24 orang. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Berpikir Induktif pada materi himpunan tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan hasil observasi pada setiap pertemuan, diperoleh rata-rata penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 2,5 berada dalam kategori cukup, sedangkan rata-rata penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus II adalah 3,25 dan berada dalam kategori baik. Dari hasil tes pemahaman, pada siklus I diperoleh rata-rata nilai siswa adalah 54,72 dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 65 sebanyak 11 siswa (45,8%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 13 siswa belum tuntas. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata nilai siswa adalah 73,78 dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 65 sebanyak 21 siswa (87,5%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 3 siswa belum tuntas. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Berpikir Induktif dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi himpunan di kelas VII SMP Budi Murni 3 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 511.320 71 Sam u |
Keywords: | Himpunan; Matematika; Motivasi; Quantum; Belajar; Model; Enumerasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10589 |