Febrianti, Dwi (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVMENT DEVISION (STAD) DENGAN MENGGUNAKAN LAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP PEMBANGUNAN GALANG T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Swasta Pembangunan Galang pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel dengan menggunakan Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Pembangunan Galang yang berjumlah 30 orang dan objek penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sistem persamaan linier dua variabel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas (Classroom Action Research).Subjekdalampenelitianiniadalahsiswakelas VIII SMP Pembangunan yang berjumlah 30 orang, yang terdiridari 10 orang siswalaki-lakidan 20 orang siswaperempuansedangkanobjekdalampenelitianiniadalahpembelajaranmenggunakan model pembelajarankooperatiftipe STAD denganmenggunakan LAS padapokokbahasanSPLDV. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dari 30 siswa terdapat 27 siswa yang mencapai skor 65% dan 3 orang siswa yang mencapai skor < 65%. Dan dari hasil tes belajar II diperoleh nilai rata-rata siswa 75,5. Berdasarkan kriteria keefektifan pembelajaran yang terpenuhi yakni: 1) Ketuntasan belajar siswa secara klasikal dan individu mencapai 90% yang memperoleh nilai 65 dan siswa lainnya atau 10% memperoleh nilai < 65, maka pembelajaran ini dikatakan tuntas 2) Tingkat penguasaan siswa dari tes belajar II mencapai kriteria sedang, maka pembelajaran ini dikatakan telah tercapai, 3) Ketercapaian TPK keseluruhan mencapai 76,70% maka pembelajaran dikatakan tercapai, 4) Hasil observasi pembelajaran berjalan dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan LAS efektif digunakan dalam pembelajaran SPLDV. Dari hasil lembar observasi aktivitas belajar siswa diperoleh hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama, kedua,ketiga dan keempat adalah 65,95; 66,93;77,36;dan 79,85. Rata-rata hasil pengamatan aktivitas belajar siswa 72,5. Berdasarkan kriteria keaktifan belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan LAS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Feb p |
Keywords: | Belajar; Matematika; STAD; Persamaan; Linier; Las; Ketuntasan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 05:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10580 |