Lubis, Efrita Dewi (2013) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 2 TAMBANGAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244110023 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
071244110023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
071244110023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
071244110023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
071244110023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
071244110023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
071244110023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071244110023 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
071244110023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
071244110023 BAB I.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
071244110023 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
071244110023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui apakah pembelajaran realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan aritmetika sosial dengan penerapan pembelajaran realistik, (2) Mengetahui pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan guru dengan menerapkan pembelajaran realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas VII-I SMP Negeri 2 Tambangan yang berjumlah 35siswa. Objek penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan penerapan pembelajaran realistik pada pokok bahasan Aritmetika Sosial Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah untuk Mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hasil tes diagnostik yang dilakukan sebelum tindakan, diketahui tingkat kemampuan memecahkan masalah siswa sangat rendah dengan nilai rata-rata kelas 36,31. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah adalah sedang dengan nilai rata-rata kelas 77,06 dengan 26siswa atau 74,29%dari keseluruhan siswa telah mencapai tingkat ketuntasan belajar secara individu. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah adalah tinggi dengan nilai rata-rata kelas 83,57 dimana jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sebanyak 31 orang atau 88,57 % dari seluruh siswa. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah tuntas dalam belajar, dan terdapat 85% siswa yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah sedang. Berdasarkan hasil observasi pada setiap pertemuan, diperoleh nilai rata-rata pada kegiatan awal 2,88 kegiatan inti 3.13 dan kegiatan akhir 3,25 pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan guru termasuk kategori baik. Berdasarkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa terbukti adanya peningkatan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII pada pokok bahasan aritmetika sosial SMP Negeri 2 Tambangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.207 1 Lub p |
Keywords: | Untung; Rugi; Brutto; Netto; Bonus; Tarra; Penjualan; Rabat; Pembelian |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10556 |