PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP SWASTA AMPERA BATANG KUIS T.A. 2012/2013

Ramadhani, Rini (2013) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP SWASTA AMPERA BATANG KUIS T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 408311040 COVER.pdf]
Preview
Text
408311040 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 408311040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
408311040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 408311040 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
408311040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 408311040 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
408311040 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 408311040 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
408311040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 408311040 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
408311040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 408311040 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
408311040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 408311040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
408311040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 408311040 BAB V.pdf]
Preview
Text
408311040 BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 408311040 BAB I.pdf]
Preview
Text
408311040 BAB I.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[thumbnail of 408311040 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
408311040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui perbedaan hasil kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang memgikuti pembelajaran model PBI dengan siswa yang mengikuti pembelajaran melalui model konvensional. (2) Mengetahui perbedaan hasil kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang memiliki aktivitas tinggi dengan siswa yang memiliki aktivitas rendah. (3) Mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajarn dan aktivitas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Ampera Bt. Kuis Tahun Ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 4 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas : 35 orang siswa dikelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan model pmbelajaran PBI dan 35 orang pada kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa digunakan tes essay dengan jumlah soal sebanyak 5 butir. Untuk menjaring data aktivitas digunakan angket yang berjumlah 32 butir yang diadopsi dari Diedrich dengan koefisien reliabilitas 0,547. Sebelum teknik analisis digunakan terlebih dahulu uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data. Uji normalitas diuji dengan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas di uji dengan uji Burlett. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian diperoleh : (1) siswa yang diajar dengan model pembelajaran PBI memperoleh hasil belajar matematika yang lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional diperoleh 3078,24 > 3,99, (2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memilik aktivitas tinggi lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki aktivitas rendah diperoleh 5210,63 > 3,99, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan aktivitas dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh 8100,62 > 3,99. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa secara umum kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBI memperoleh kemampuan pemecahan masalah matematika lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki aktivitas tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki aktivitas rendah. Sehingga dapat terlihat adanya interaksi antara model pembelajaran dengan aktivitas siswa dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 513.207 1 Ram p
Keywords: Kuadrat; Pembelajaran; Netto; Bruto; Tara; Pajak; Untung; Rugi; Rabat; Pembelian; Penjualan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 30 Aug 2016 05:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10555

Actions (login required)

View Item
View Item