Manurung, Benny Yansen Evangelista (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERINTEGRASI MEDIA ANIMASI FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS KELAS X SEMESTER GANJIL SMA KATOLIK BUDI MURNI-3 T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408321006 COVER.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
408321006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
408321006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
408321006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
408321006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
408321006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408321006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
408321006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408321006 BAB I.pdf - Published Version
Download (619kB) | Preview
408321006 BAB V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
408321006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang
signifikan hasil belajar siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT
terintegrasi media animasi flash pada materi pokok gerak lurus kelas X semester
ganjil SMA Katolik Budi Murni – 3 Medan T.A. 2013/2013.
Adapun populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA
Katolik Budi Murni – 3 Medan T.A. 2012/2013 sebanyak 40 orang yang tersebar
dalam dua kelas. Pengambilan sample dilakukan secara simple random sampling
dengan jumlah sample sebanyak 20 orang untuk kelas eskperimen dan 20 orang
untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar.
Sebelum pembelajaran diberikan terlebih dahulu dilakukan pretes kepada
kedua kelas. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 41,5 dan untuk kelas
kontrol diperoleh 40,5. Dari hasil uji normalitas kelas kontrol diperoleh hitung L =
0,1485 dan tabel L = 0,190 dan pada kelas eksperimen hitung L = 0,1017 dan tabel L =
0,190 dan pada uji homogenitas diperoleh hitung F = 1,21 dan tabel F = 2,16 sehingga
hitung F < tabel F bahwa data kedua sampel adalah berdistribusi normal dan homogen.
Berdasarkan hasil uji hipotesis pada data pretes diperoleh bahwa kondisi awal
siswa pada kelas eksperimen sama dengan kondisi awal siswa pada kelas kontrol.
Selanjutnya, dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe
NHT terintegrasi media animasi flash pada kelas eksperimen dan pembelajaran
kelas konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian
pada kedua kelas dilakukan postes. Untuk kelas eksperimen uji normalitas
diperoleh hitung L = 0,1272 dan tabel L = 0,190 dan kelas kontrol diperoleh hitung L =
0,1628 dan tabel L = 0,190 dan uji homogenitas hitung F = 1,08 dan tabel F = 2,16
sehingga hitung F < tabel F . Dari hasil uji hipotesis diperoleh hitung t = 3,66. Pada
taraf nyata 0,05 diperoleh tabel t = 1,96 ( hitung tabel t t ) yang berarti a H
diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada model
pembelajaran kooperatif tipe NHT terintegrasi media animasi flash lebih baik dari
pembelajaran konvensional. Dengan demikian, terdapat pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe NHT terintegrasi media animasi flash terhadap hasil
belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 533.270 71 Man p |
Keywords: | Vertikal; Kecepatan; Jarak; Waktu; Animasi; Pembelajaran; Kooperatif; Kelajuan; GLB; GLBB |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10548 |