Meriati (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN MEDIA KARTU DOMINO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ATOM, ION, DAN MOLEKUL KELAS VIII SMP NEGERI 4 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
408331031 Cover.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
408331031 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
408331031 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
408331031 Abstrak.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
408331031 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
408331031 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
408331031 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
408331031 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
408331031 Bab I.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
408331031 Bab V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
408331031 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan media kartu domino terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan atom, ion, dan molekul kelas VIII SMP Negeri 4 Tebing Tinggi. Sampel Penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperiment yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif TAI dengan media kartu domino dan kelas kontrol yang diajarkan secara konvensional. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, daya beda soalnya. Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 34,83 dan rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 35,33. Semua data pre-test, post-test diperoleh data berdistribusi normal. Data tersebut kemudian diuji homogenitas sehingga diketahui kedua kelas homogen. Setelah diberi perlakuan hasil belajar pada kelas eksperiment sebesar 86,83 dan hasil belajar kelas kontrol sebesar 76,5. Hasil belajar kedua kelas diuji beda dengan uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel (8,858 > 1,6723) sehingga Ha diterima berarti hasil belajar siswa yang mendapat pembeslajaran kooperatif tipe TAI dengan media kartu domino lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.071 Mer p |
Keywords: | Elektron; Unsur; Gelombang; Molekul; Ion; Atom; Kooperatif; TAI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10531 |