Nasution, Ismunayati (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DIBANDINGKAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACIVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STURUKTUR ATOM SISWA KELAS X. Undergraduate thesis, UNIMED.
081244310009 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
081244310009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
081244310009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
081244310009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
081244310009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
081244310009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
081244310009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
081244310009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
081244310009 BAB I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
081244310009 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
081244310009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT ada perbedaan dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan untuk mengetahui persen peningkatan hasil belajar siswa yang diberikan pengajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada pokok bahasan Struktur Atom pada siswa SMA Negeri 1 Babalan. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yang ditentukan secara purposive sampling yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, sedangkan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test untuk dua pihak dengan α = 0.05 dan db = 62, dan Ha diterima, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT dengan kooperatif tipe STAD. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan bentuk gain ternormalisasi dan didapatkan persen keberhasilan belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar 45.93 persen sedangkan persen keberhasilan belajar siswa kelas eksperimen 2 sebesar 36.91 persen . Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT daripada STAD adalah 24,44%. Dengan melihat keberhasilan belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pokok Bahasan Struktur Atom, maka diharapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT ini dapat diaplikasikan dalam pembelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 71 Nas p |
Keywords: | STAD; Massa; Neutron; Elektron; Proton; Netron; Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 07:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10530 |