Mesni (2013) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) YANG DIINTEGRASI DENGAN MEDIA ANIMASI PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DI SMA YAYASAN HARAPAN BANGSA LANGKAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
061244310094 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
061244310094 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
061244310094 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
061244310094 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
061244310094 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
061244310094 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
061244310094 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
061244310094 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
061244310094 BAB I.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
061244310094 BAB V.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
061244310094 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan CTL diintegrasi dengan media animasi secara signifikan lebih baik dibandingkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan CTL pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit. Serta mengetahui berapa besar efektivitas hasil belajar siswa yang diajar menggunakan CTL diintegrasi dengan media animasi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan CTL.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Harapan Bangsa Langkat yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. kelas X-1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X-2 sebagai kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 masing-masing berjumlah 30 siswa. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan Pembelajaran CTL diintegrasi dengan media animasi dan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan pembelajaran CTL. Dari pengolahan data hasil penelitian menggunakan SPSS-16 For Windows untuk uji hipotesis aktivitas belajar siswa diperoleh harga sig.< α (0,000<0,05) dan thitung > ttabel (9,483>1,672), sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha1 diterima yang berarti aktivitas belajar siswa yang diajar menggunakan CTL diintegrasi dengan media animasi secara signifikan lebih baik dibandingkan aktivitas belajar siswa yang diajar menggunakan CTL pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit. Untuk hipotesis hasil belajar siswa diperoleh harga sig.<α (0,0005<0,05) dan thitung > ttabel (3,592>1,672), sehingga Ha2 diterima yang berarti hasil belajar siswa yang diajar menggunakan CTL diintegrasi dengan media animasi secara signifikan lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit. Efektivitas hasil belajar siswa yang diajar menggunakan CTL diintegrasi dengan media animasi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan CTL yaitu sebesar 22,2%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.370 71 Mes p |
Keywords: | Pembelajaran; Kontekstual; Larutan; Elektrolit; Nonelektrolit; Animasi; Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10519 |