Masyithah, Husuwatul (2013) PENGARUH PENERAPAN VIRTUAL LAB MENGGUNAKAN ANIMASI ADOBE FLASH DAN REAL LAB DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131054 Cover.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
408131054 Lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
408131054 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
408131054 Abstrak.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
408131054 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
408131054 Daftar tabel.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
408131054 Daftar gambar.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
408131054 Daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
408131054 BAB V.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
408131054 BAB I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
408131054 Daftar Pusaka.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan virtual lab menggunakan animasi adobe flash dan real lab dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok laju reaksi di kelas XI IPA SMA Swasta Ar-Rahman Medan Tahun Pembelajaran 2012/ 2013. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Ar-Rahman Medan yang terdiri dari 2 kelas. Metode sampling adalah sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Jumlah sampel sebanyak 80 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes tertulis berbentuk pilihan berganda. Sebelum soal diberikan kepada siswa, terlebih dahulu di lakukan uji validitas, uji realibilitas, daya pembeda soal, dan tingkat kesukaran soal dengan rtabel = 0,312 dan taraf signifikansi = 0,05.Berdasarkan hasil pretest dan postest pada saat penelitian, diperoleh rata-rata nilai gain ternormalisasi untuk kelas eksperimen 1 sebesar 0,73 dan untuk kelas eksperimen 2 sebesar 0,75. Hasil pengujian hipotesis diperoleh (ttabel < thitung < ttabel) yaitu (-1,994 < 1,059 < 1,994) pada taraf signifikansi α = 0,05 dan db = 78. Disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang berbeda secara signifikan dari penerapan virtual lab menggunakan media animasi adobe flash dan real lab dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada meteri pokok laju reaksi.Dengan melihat pengajaran virtual lab menggunakan animasi adobe flash yang mengilustrasikan praktikum di laboratorium, maka pengajaran virtual lab menggunakan animasi adobe flash ini dapat diterapkan pada materi pokok yang membutuhkan praktikum untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang hasil praktikum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.390 71 Mas p |
Keywords: | Reaksi; Suhu; Molaritas; Real Lab; Virtual Lab |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 05:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10509 |