Yusrizal, Nur Asyidah (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA POKOK BAHASANLAJU REAKSI MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DENGAN TEKNIK MENCATAT LINEAR DAN TEKNIK MENCATAT PIKIRAN (MIND-MAPPING) DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 T.BALAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131076 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
408131076 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
408131076 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
408131076 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
408131076 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
408131076 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
408131076 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
408131076 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
408131076 BAB I.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
408131076 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
408131076 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan metode demonstrasi dengan teknik mencatat linear dengan hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan metode demonstrasi dengan teknik mencatat pikiran (mind-mapping) pada pokok bahasanlaju reaksi di SMA Negeri 1 Tanjungbalai pada kelas XI IPA semester ganjiltahun ajaran 2012/2013.Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswakelas XI IPA SMA 1 Tanjungbalai. Sampel yang digunakan adalah sampel secara purposive sampling, yaitu kelas XI IPA 1 sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI IPA 2 sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen 2.Sampel penelitian diambil 2 kelas yang homogen dan terdistribusi normal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes belajar dalam bentukpilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan validdan reliable. Berdasarkan penelitian di kelas eksperiment 1 diperoleh rata-ratanilai pretes dan postes sebesar 32,97 dan 59,26 dan peningkatan hasil belajar sebesar 38,8%. Sedangkan di kelas eksperimen 2 diperoleh rata-rata nilai pretes dan postes sebesar 32,79 dan 70,88 dan peningkatan hasil belajar sebesar 56,7%.Hasil pengujian hipotesis diperoleh harga -thitung < ttabel yaitu -4,35 < -1,998 maka hipotesis alternative Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas XI SMA yang menggunakan metode demonstrasi yang menggunakan teknik mencatat linear dengan yang menggunakan mind-mapping pada pokok bahasan laju reaksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.390 71 Yus p |
Keywords: | Pembelajaran; Reaksi; Katalis; Larutan; Kemolaran; Laju; Linear |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Nov 2016 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10486 |