Sari, Eka Meyla (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN METODE KONVENSIONAL PADA MATERI POKOKBIOLOGI SEBAGAI ILMU DI KELAS X MAS AL-WASLIYAH LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408341008 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
408341008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
408341008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
408341008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
408341008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
408341008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
408341008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
408341008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
408341008 BAB I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
408341008 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
408341008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa menggunakan metode problem solving dengan metode konvensional pada materi pokok biologi sebagai ilmu di kelas X MAS Al-Wasliyah Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAS Al-Wasliyah Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2012/2013 sebanyak 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 1 kelas yang ditentukan secara acak sederhana (random sampling). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar biologi pada materi pokok biologi sebagai ilmu sebanyak 25 soal yang telah dinyatakan valid. Penilaian hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan skala 0-100.Hasil penelitian diperoleh: 1) hasil belajar biologi siswa kelas eksperimen setelah diajarkan dengan metode problem solving pada materi pokok biologi sebagai ilmu di kelas X MAS Al-Wasliyah Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2012/2013 diperoleh rata-rata sebesar 83,80 dengan standar deviasi 6,59; dan 2) ada perbedaan hasil belajar biologi siswa menggunakan metode problem solving dengan metode konvensional pada materi pokok biologi sebagai ilmu di kelas X MAS Al-Wasliyah Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2012/2013 (thitung > ttabel yaitu 2,265 > 2,00). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru biologi untuk dapat menerapkan metode problem solving dalam mengajarkan materi-materi biologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Sar p |
Keywords: | Metode; Konvensional; Problem Solving; Ilmu; Biologi; Belajar |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10461 |