Rambe, Nurazizah (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 29 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
409311033 COVER.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
409311033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
409311033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
409311033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
409311033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
409311033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
409311033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
409311033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
409311033 BAB I.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
409311033 BAB V.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
409311033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining pada materi pokok Teorema Phytagoras di SMP Negeri 29 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing – masing dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 29 Medan tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 22 orang. Data yang diambil berupa hasil observasi dan hasil tes pada siklus I dan siklus II dengan indikator keberhasilan peresentase aktivitas siswa memenuhi batas toleransi waktu ideal dan persentase siswa yang memperoleh nilai minimal 65 sebanyak 85% atau lebih. Berdasarkan hasil penelitian, 2 kategori aktivitas siswa pada siklus 1 belum memenuhi batas toleransi waktu ideal sedangkan pada siklus II setiap kategori aktivitas siswa sudah memenuhi batas toleransi waktu ideal. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Adapun hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I adalah 77,27% siswa memperoleh nilai minimal 65 dan pada siklus II 86,36% siswa yang memperoleh nilai minimal 65 artinya terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 9,09% dan telah tercapainya ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining pada materi pokok Teorema Phytagoras dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Disarankan agar guru dapat menciptakan variasi dalam pembelajaran dan dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining pada materi lain yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 71 Ram p |
Keywords: | Pembelajaran Matematika; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Materi Teorema Phytagoras |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10424 |