Khairani, Suci (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUNTAS (MASTERY LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI KELAS X SEMESTER GANJIL SMA N 1 LIMA PULUH T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121081 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
409121081 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
409121081 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
409121081 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
409121081 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
409121081 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
409121081 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409121081 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
409121081 BAB I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
409121081 BAB V.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
409121081 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mastery Learning terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok pengukuran di kelas X semester ganjil SMA N 1 Lima Puluh T.P 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester I SMA Negeri 1 Lima Puluh yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas secara acak yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol, dengan masing-masing jumlah sampel adalah 32 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 option yang telah dinyatakan valid dengan uji persyaratan instrumen. Instrumen penilaian aktivitas menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas siswa pada proses pembelajaran. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kedua kelas terdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t dua pihak yaitu thitung = 0,17 dan ttabel = 1,99 sehingga thitung < ttabel maka disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah diberikan perlakuan berbeda pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 71,72 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 61,72. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 4,45>1,67 pada taraf signifikansi 0,05 maka H0 ditolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar akibat pengaruh model pembelajaran Mastery Learning pada materi pokok pengukuran di kelas X SMA N 1 Lima Puluh T.P 2013/2014. Rata-rata nilai aktivitas siswa kelas eksperimen selama tiga pertemuan adalah 79,45. Dilihat dari grafik nilai aktivitas dan nilai hasil belajar disimpulkan bahwa aktivitas siswa mempengaruhi nilai hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.707 12 Kha p |
Keywords: | Mastery Learning; Hasil Belajar; Fisika; Aktivitas; DI; Aktivitas Belajar; Pengukuran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC81 Weights and measures |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10417 |