Nasution, Afifah Yanthi (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERPADU MODEL WEBBED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI 1 AIR PUTIH T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409321001 COVER.pdf - Published Version
Download (733kB) | Preview
409321001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
409321001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
409321001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
409321001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
409321001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
409321001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
409321001 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
409321001 BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
409321001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Pembelajaran terpadu adalah pembelajaran yang diawali dengan suatu pokok atau tema tertentu yang terkait dengan pokok bahasan lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Model Webbed Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Zat dan Wujudnya di
Kelas VII Semester I SMP Negeri 1 Air Putih T.P. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan disain penelitian two roup pre–test dan post–test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen dan
kelas VII-6 sebagai kelas kontrol yang diambil secara total sampling dan masingmasing kelas berjumlah 32 siswa. Instrumen digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi yang berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang
telah divalidasikan. Uji Hipotesis menggunakan uji t dua pihak dan uji t satu pihak. Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 30,78 dengan standar deviasi 7,63 dan kelas kontrol adalah 29,80 dengan standar deviasi 6,77. Pada uji normalitas kelas eksperimen untuk pretes diperoleh Lhitung < Ltabel = 0,117 < 0,156, sedangkan kelas kontrol Lhitung <Ltabel = 0,129 < 0,156 maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pretes untuk kedua sampel diperoleh diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,268 < 1,825 maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Untuk hasil analisis data dari uji beda diperoleh thitung = 0,712 < ttabel = 1,999 maka H0 diterima, berarti bahwa
kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 74,22 dengan standar deviasi 8,71 dan kelas kontrol 64,06 dengan standar deviasi 8,27. Pada uji
normalitas kelas eksperimen untuk postes diperoleh Lhitung < Ltabel = 0,1031 < 0,1566 maka kels berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data postes kedua sampel diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,085 < 1,825 maka kedua sampel berasal dari
kelompok yang homogen. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel = 4,932 > 1,6697, sehingga Ha diterima. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer diperoleh bahwa aktivitas siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan yang positif. Pada pertemuan I rata-rata aktivitas siswa 53,54, pertemuan II ratarata 61,87, pertemuan ke III rata-rata 67,50. Dari hasil uji t ada pengaruh menggunakan model pembelajaran terpadu model Webbed terhadap hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Air Putih Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Kata kunci : Hasil belajar, Model pembelajaran terpadu, Model weebed
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.407 1 Nas p |
Keywords: | Hasil Belajar; Model; Pembelajaran Terpadu; Model Webbed; Perubahan Zat; Massa Zat; Zat Padat; Cair; Gas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10401 |