Fitriani (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS KELAS XI SEMESTER I DI MAN 1 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121031 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
409121031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
409121031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
409121031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409121031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
409121031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
409121031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
409121031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
409121031 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
409121031 BAB I.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
409121031 BAB V.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
409121031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
Abstract
Model pembelajaran inquiry training adalah upaya pengembangan para pembelajar yang mandiri, metodenya mensyaratkan partisipasi aktif siswa dalam penelitian ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok elastisitas kelas XI semester I di MAN 1 Medan T.P 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA-3 dengan 43 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-4 dengan 43 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 yaitu tes dan lembar observasi. Tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal dengan 5 option dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua orang observer. Uji hipotesis menggunakan uji t dua pihak. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen 43.8 dengan standar deviasi 13.5 dan kelas kontrol 40.7 dengan standar deviasi 12.9. Pada pengujian normalitas untuk pretes kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0.0951 dan Ltabel = 0.135 dan kelas kontrol dengan Lhitung = 0.0780, dan Ltabel = 0.135, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas pretes untuk kedua sampel diperoleh Fhitung = 1.08 dan Ftabel = 1.67 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Setelah pembelajaran selesai diperoleh rata-rata postes kelas eksperimen 88.06 dengan standar deviasi 8.30 dan kelas kontrol 84.34 dengan standar deviasi 10.17. Hasil uji t dengan α = 0.05 diperoleh thitung = 3.20 dan ttabel = 1,99 sehingga thitung > ttabel maka Ho di tolak dan Ha di terima. Dari hasil pengamatan yangg dilakukan observer diperoleh bahwa aktivitas siswa pada pertemuan I adalah 73.79, pertemuan II adalah 80, dan pertemuan III adalah 84.49. Dari hasil uji t diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa materi pokok Elastisitas kelas XI Semester I di MAN 1 Medan T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.382 071 2 Fit p |
Keywords: | Aktivitas; Siswa; Model; Pembelajaran; Inquiry TRaining; Elastisitas; Tegangan; Regangan; hukum Hooke |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Rini Arianti |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10387 |