Amelia, Rizki (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI KELAS XII MAN 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada program linear di kelas XII MAN 3 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XII IPA 3 dengan jumlah siswa 42 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi program linear di kelas XII MAN 3 Medan tahun ajaran 2013/2014. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan observasi digunakan untuk mengetahui proses pembelajaran. Penelitian ini dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan dilakukan observasi dengan memperhatikan observasi pembelajaran dan diakhir dari siklus diberikan tes hasil belajar siswa. Hasil observasi proses pembelajaran berlangsung dengan baik yaitu dari hasil observasi di siklus I mencapai 2,81 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan di siklus II mencapai 3,14 dengan kategori baik. Sedangkan hasil analisis tes hasil belajar yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning, hasil belajar siswa (≥ 70) secara klasikal masih belum tercapai karena hanya 23 siswa (54,8%) yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 66,78. Setelah pelaksanaan tindakan siklus II, hasil belajar siswa (≥ 70) secara klasikal telah tercapai yaitu 37 siswa (88,1%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 80,02. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan hasil belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II adalah 33%.Karena hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan ketuntasan belajar klasikal telah tercapai dan terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa sehingga pelaksanaan tindakan berhenti. Dengan demikian, dengan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XII MAN 3 Medan tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Ame m |
Keywords: | Belajar; Hasil Belajar; Kontektual; CTL; Linear; Model Matematika; Nilai Optimum |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 05:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10384 |