PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 MEDAN T.P. 2012/2013

Ginting, Purnama Sari (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409421020 COVER.pdf]
Preview
Text
409421020 COVER.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 409421020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409421020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 409421020 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409421020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 409421020 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409421020 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 409421020 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409421020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 409421020 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
409421020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 409421020 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
409421020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 409421020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409421020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 409421020 BAB I.pdf]
Preview
Text
409421020 BAB I.pdf - Published Version

Download (542kB) | Preview
[thumbnail of 409421020 BAB V.pdf]
Preview
Text
409421020 BAB V.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 409421020 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409421020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Inquiry Training berbantuan komputer terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok cahaya di kelas VIII Semester II SMP Negeri 5 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP Negeri 5 Medan yang terdiri dari 8 kelas berjumlah 320 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas berjumlah 78 orang. Instrumen yang digunakan sebelumnya telah divalidasi terlebih dahulu oleh 3 validator, instrumennya yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal dan tes berpikir kritis dalam bentuk essay dengan jumlah 5 buah. Berdasarkan analisa data diperoleh hasil pretes kedua kelas berdistribusi normal dan kedua sampel kelas berasal dari kelompok yang homogen, hasil analisa juga menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kelas sampel masing-masing diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry Training berbantuan komputer dan kelas kontrol dengan model pembelajaran Inquiry Training. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 73,5 dan kelas kontrol 67,2. Dari hasil uji t satu pihak diperoleh thitung = 2,28 sedangkan ttabel = 1,667. Karena thitung > ttabel (2,17 > 1,667) maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian diperoleh bahwa ada pengaruh pembelajaran Inquiry Training berbantuan komputer terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok cahaya di kelas VIII SMP Negeri 5 Medan.Hasil belajar siswa memiliki hubungan dengan berpikir kritis tinggi siswa, dari hasil analisis regresi diperoleh pada kelas eksperimen F(hitung)>F(tabel) (10,93 > 4,96) dan pada kelas kontrol F(hitung)>F(tabel) (7,046 > 5,12 ), maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian diperoleh bahwa terdapat hubungan fungsional yang signifikan antara variabel berpikir kritis tinggi dengan variabel hasil belajar atau adanya hubungan antara kemampuan berpikir kritis tinggi terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 535.140 712 Gin p
Keywords: Model; Pembelajaran; Aktivitas; Inquiry Training; Cahaya; Perambatan Cahaya; Pemantulan Cahaya; Pembiasan; Lensa; Despersi Cahaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 23 Aug 2016 03:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10382

Actions (login required)

View Item
View Item