Hutabarat, Ade Wirayanti (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN PENGUKURANNYA DI KELAS VII SEMESTER I SMP SWASTA TAMAN HARAPAN MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
081244210001 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
081244210001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
081244210001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
081244210001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
081244210001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
081244210001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
081244210001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
081244210001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
081244210001 BAB I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
081244210001 BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
081244210001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
081244210001 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan bagaimana aktivitas siswa selama menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi pokok Suhu dan Pengukurannya di kelas VII Semester I SMP Swasta Taman Harapan Medan Tahun Pelajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan design Two group pretes-postes design dengan populasi seluruh siswa kelas VII semester I SMP Swasta Taman Harapan Medan dengan sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa 34 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal dengan 4 pilihan jawaban yang telah divalidasi. Berdasarkan analisa data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen 40,2 dan nilai rata-rata kelas kontrol 39,6. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1253 dan Ltabel = 0,1618, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1311, dan Ltabel = 0,1519, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,147 dan Ftabel = 1,845 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,1 dan kelas kontrol 68,6 . Hasil uji t diperoleh thitung = 3,03 dan ttabel = 1,669, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima. Aktivitas siswa selama pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berlangsung dikategorikan aktif (83,08) sejalan dengan peningkatan hasil belajar siswa, dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Pengukurannya di kelas VII semester I SMP Swasta Taman Harapan Medan T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.707 1 Hut p |
Keywords: | Aktivitas; Hasil Belajar; Pembelajaran; Kooperatif; Konvensional; TPS; Suhu; Alat Ukur Suhu; Termometer; Zat Padat; Zat Cair; Gas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10381 |