Suheni (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN PENGUKURANNYA DI KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI 1 AEK KUO T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409421038 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
409421038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
409421038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
409421038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
409421038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
409421038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
409421038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
409421038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
409421038 BAB I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
409421038 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
409421038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan bagaimana aktivitas siswa selama menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi pokok Suhu dan Pengukurannya di kelas VII Semester I SMP Negeri 1 Aek Kuo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII semester I SMP Negeri 1 Aek Kuo yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan jumlah siswa 41 orang dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa 41 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal dengan 4 pilihan jawaban yang telah divalidasi. Berdasarkan analisis data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 38,4 dan kelas kontrol sebesar 38,2. Kemudian kedua kelas sampel diberikan perlakuan yang berbeda. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional maka diperoleh rata-rata postes untuk kelas eksperimen sebesar 75,3 dan kelas kontrol 68,6. Sebelum dilakukan perlakuan, maka nilai pretes pada kedua kelas sampel dianalisis untuk menunjukkan bahwa data yang diperoleh berdistribusi secara normal dan kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Hasil analisis menunjukkan bahwa data yang diperoleh berdistribusi secara normal dan kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Dilakukan uji beda pada nilai pretes kedua kelas sampel dengan menggunakan uji t dua pihak, diperoleh bahwa harga lebih kecil dari harga (0,08 < 1,993) atau dapat dinyatakan bahwa kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan pengukurannya di kelas VII SMP Negeri 1Aek Kuo, diperoleh dari > (2,2 > 1,667).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.707 1 Suh p |
Keywords: | Pembelajaran; Kooperatif; Model; Konvensional; Langsung; Suhu; Termometer; Skala |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10380 |