Siburian, Roni Fatra (2014) PENGARUH PENERAPAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121084 COVER.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
408121084 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
408121084 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
408121084 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
408121084 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
408121084 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
408121084 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
408121084 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
408121084 BAB V.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
408121084 BAB I.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
408121084 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh peta pikiran (mind map) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Besaran dan Satuan di kelas X SMA Negeri 11 Medan T.P 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari 10 kelas paralel. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X-8 dengan menggunakan teknik pembelajaran peta pikiran (mind map) dan kelas X-9 dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli, yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 30,88 kemudian dilakukan uji normalitas, diperoleh Lhitung = 0,1290 < Ltabel = 0,1401. Nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 29,25 kemudian dilakukan uji normalitas, diperoleh Lhitung = 0,1352 < Ltabel = 0,1401. Setelah itu dilakukan uji homogenitas, diperoleh Fhitung = 1,55 < Ftabel = 1,75. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian telah terpenuhi persayaratan untuk melakukan uji t dua pihak. Uji t menunjukkan -ttabel < thitung < ttabel (-1,998 < 0,46 < 1,998) dimana Ho diterima, yang berarti kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen 71,50, kemudian dilakukan uji normalitas, diperoleh Lhitung = 0,1270 < Ltabel = 0,1401. Nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 61,75 kemudian dilakukan uji normalitas, diperoleh Lhitung = 0,1207 < Ltabel = 0,1401. Setelah itu dilakukan uji homogenitas, diperoleh Fhitung = 1,01 < Ftabel = 1,75. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,41 > 1,66 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 78. Hal ini berarti Ha terima, yang berarti ada perbedaan akibat pengaruh peta pikiran (mind map) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Besaran dan Satuan di kelas X semester I SMA Negeri 11 Medan T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.140 712 Sib p |
Keywords: | Peta Pikiran; Hasil Belajar; Aktivitas ; Hukum; Grafis Peta Pikiran; Konvensional; Besaran; Sistem Satuan; Dimensi; Notasi Ilmiah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 02:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10359 |