PENGARUH PENERAPAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2013/2014

Siburian, Roni Fatra (2014) PENGARUH PENERAPAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 408121084 COVER.pdf]
Preview
Text
408121084 COVER.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 408121084 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
408121084 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 408121084 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
408121084 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 408121084 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
408121084 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 408121084 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
408121084 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 408121084 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
408121084 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 408121084 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
408121084 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 408121084 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
408121084 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 408121084 BAB V.pdf]
Preview
Text
408121084 BAB V.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 408121084 BAB I.pdf]
Preview
Text
408121084 BAB I.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 408121084 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
408121084 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh peta pikiran (mind map) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Besaran dan Satuan di kelas X SMA Negeri 11 Medan T.P 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari 10 kelas paralel. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X-8 dengan menggunakan teknik pembelajaran peta pikiran (mind map) dan kelas X-9 dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli, yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 30,88 kemudian dilakukan uji normalitas, diperoleh Lhitung = 0,1290 < Ltabel = 0,1401. Nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 29,25 kemudian dilakukan uji normalitas, diperoleh Lhitung = 0,1352 < Ltabel = 0,1401. Setelah itu dilakukan uji homogenitas, diperoleh Fhitung = 1,55 < Ftabel = 1,75. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian telah terpenuhi persayaratan untuk melakukan uji t dua pihak. Uji t menunjukkan -ttabel < thitung < ttabel (-1,998 < 0,46 < 1,998) dimana Ho diterima, yang berarti kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen 71,50, kemudian dilakukan uji normalitas, diperoleh Lhitung = 0,1270 < Ltabel = 0,1401. Nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 61,75 kemudian dilakukan uji normalitas, diperoleh Lhitung = 0,1207 < Ltabel = 0,1401. Setelah itu dilakukan uji homogenitas, diperoleh Fhitung = 1,01 < Ftabel = 1,75. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,41 > 1,66 pada taraf signifikansi &#945; = 0,05 dan dk = 78. Hal ini berarti Ha terima, yang berarti ada perbedaan akibat pengaruh peta pikiran (mind map) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Besaran dan Satuan di kelas X semester I SMA Negeri 11 Medan T.P 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 531.140 712 Sib p
Keywords: Peta Pikiran; Hasil Belajar; Aktivitas ; Hukum; Grafis Peta Pikiran; Konvensional; Besaran; Sistem Satuan; Dimensi; Notasi Ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 23 Aug 2016 02:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10359

Actions (login required)

View Item
View Item