Munthe, Rosmery Junita (2012) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED- INSTRUCTION (PBI)PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORASDI SMP TELADAN BINJAI T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244110107 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
071244110107 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
071244110107 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
071244110107 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
071244110107 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
071244110107 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
071244110107 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
071244110107 BAB V.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
071244110107 BAB I.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
071244110107 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal matematika dari berbagai sudut pandang yang berbeda melalui model pembelajaran PBI pada pokok bahasan teorema pythagoras. Model PBI terdiri dari lima fase yaitu orientasi siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Kategori soal berpikir kreatif adalah soal berpikir lancar, luwes, dan original. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Yayasan Perguruan Teladan Binjai sebanyak 35 orang. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana setiap akhir siklus diberi tes berpikir kreatif berupa tes uraian yang terdiri dari 6 soal yang telah divalidasi oleh validator. Dalam penelitian ini, kriteria siswa mencapai skor lebih dari 60 digunakan sebagai acuan dalam melanjutkan tindakan pada siklus berikutnya. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I 12 siswa (34,29%) yang mencapai skor lebih dari 60 dengan nilai rata-rata sebesar 53,6. Pada siklus II diperoleh data 35 siswa (100%) telah mencapai skor lebih dari 60 dengan nilai rata-rata 82,6. Jumlah siswa yang mencapai skor lebih dari 60 meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu sebanyak 23 siswa atau 65,71% dan nilai rata-rata meningkat sebesar 29,0. Pada siklus I, 3 siswa (8,57 %) dikategorikan kreatif, 8 siswa(80%) dikategorikan cukup kreatif dan 4 siswa (11,43%) dikategorikan tidak kreatif dengan skor rata-rata 2.11 (secara keseluruhan siswa cukup kreatif). Pada siklus II mengalami peningkatan dengan 2 siswa (5,75%) dikategorikan sangat kreatif, 33 siswa (94,29 %) dikategorikan kreatif dan skor rata-ratanya 2.90 (secara keseluruhan siswa kreatif). Skor rata-rata pengamatan berbasis masalah untuk guru pada siklus I adalah 2,17 dan pada siklus II adalah 2,67 mengalami peningkatan dan berada pada interval 2,5
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Mun u |
Keywords: | Menyelesaikan Soal;Model Pembelajaran; Problem Bassed |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10321 |