Situmorang, Yunita (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM CHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SUB MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PANCURBATU TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408141128 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
408141128 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
408141128 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
408141128 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
408141128 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
408141128 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
408141128 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
408141128 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
408141128 BAB I.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
408141128 BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
408141128 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
408141128 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada sub materi struktur dan fungsi sel di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pancurbatu yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang digunakan adalah satu kelas yaitu kelas XI IPA 3 yang berjumlah 30 siswa yang dipilih secara acak. Hasil analisis data diperoleh untuk penguasaan siswa, hanya 1 siswa yang termasuk penguasaan sangat rendah (3,33%), 2 siswa penguasaan rendah (6,67%), 17 siswa penguasaan sedang (56,7%), 6 siswa penguasaan tinggi (20%) dan 4 siswa penguasaan sangat tinggi (13,3%). Untuk ketuntasan belajar secara individu, 3 siswa belum tuntas dan 27 siswa sudah tuntas, sedangkan secara klasikal dinyatakan tuntas karena persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 90%. Ketuntasan pencapaian indikator dalam penelitian ini sudah tercapai dengan rincian indikator pertama 81,11%, indikator kedua 87,78%, indikator ketiga 78,89% dan indikator keempat 83,33%. Untuk kegiatan pembelajaran didapatkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD terlaksana dengan baik.Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada sub materi struktur dan fungsi sel di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013 menghasilkan efektif terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Sit e |
Keywords: | Kooperatif tipe Students Team Achievement Division; Struktur; Fungsi Sel; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10310 |