Silaban, Nasib (2012) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARDAN AKTIVITAS SISWA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X1 SMA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/ 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408141089 COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
408141089 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
408141089 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
408141089 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
408141089 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
408141089 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
408141089 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
408141089 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
408141089 BAB I.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
408141089 BAB V.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
408141089 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar biologi dan aktivitas siswa pada materi pokok ekosistem melalui penerapan pendekatan kontekstual pada siswa kelas X1 SMA Parulian 2 Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap siswa, observer pelaksanaan penelitian dilakukan oleh dua orang yakni peneliti sendiri dan rekan peneliti. Pengamatan dilakukan terhadap 40 orang siswa. indikator keberhasilan penelitian meliputi: persentase penilaian hasil, ketuntasan belajar, dan hasil observasi aktivitas siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes siswa sebelum dilaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual adalah 38,075 sedangkan rata-rata pada postes I adalah 72,5, dan terdapat 22 orang siswa yang termasuk kriteria tuntas dalam belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 55%, hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan secara klasikal karena belum mencapai ≥85%. Pada siklus II di peroleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 83,87 serta terdapat 36 siswa yang termasuk kriteria tuntas dalam belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II sebesar 90% dan mencapai kriteria ketuntasan klasikal. Berdasarkan persentase rata-rata siswa yang aktif pada siklus I dan siklus II diperoleh peningkatan aktivitas siswa yaitu pada siklus I rata-rata tingkat persentase keaktifan siswa yaitu 56,6 % dan pada siklus II meningkat menjadi 79,3%. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Sil p |
Keywords: | Hasil Belajar; Siswa; Kontekstual; Aktivitas; Ekosistem |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10277 |