Pratiwi, Ade (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) DAN KONVENSIONAL PADA SUB MATERI EKSOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 5 PEMATANG SIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran biologi dengan menggunakan metode pembelajaran koopeartif tipe TPS (Think-Pair-Share) dan konvensional pada sub materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 5 Pematang Siantar Tahun Pembelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang tebagi atas 8 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 320 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil secara acak kelompok yakni kelas X1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 40 orang dan kelas X2 sebagai kelas kontrol sebanyak 40 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data pretes dan data hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Sementara berdasarkan analisis data hasil belajar siswa diketahui nilai rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 76,19 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 66,44. Untuk pengujian hipotesis diperoleh thit > ttab (5,87 > 2,00) yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima sekaligus menolak H0 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh pembelajaran biologi dengan menggunakan metode pembelajaran koopeartif tipe TPS (Think-Pair-Share) pada sub materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 5 Pematang Siantar Tahun Pembelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Pra p |
Keywords: | Populasi ; Sampel; Hipotesis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10272 |