Hutabarat, Megaria (2012) PENGARUH STRATEGI GENIUS LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI DAUR BIOGEOKIMIA KELAS X SMA NEGERI 9 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408141085 COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
408141085 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
408141085 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
408141085 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
408141085 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
408141085 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
408141085 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
408141085 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
408141085 BAB I.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
408141085 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
408141085 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh strategi genius learning terhadap hasil belajar siswa pada sub materi daur biogeokimia kelas X SMA Negeri 9 Medan tahun pembelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 9 Medan sedangkan sampel yang diambil sebanyak dua kelas dan diambil secara random dimana kelas eksperimen dengan penerapan strategi genius learning dan kelas kontrol dengan penerapan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes objektif 20 soal dari 40 soal yang telah diuji validitasnya. Data penelitian diawali dengan uji normalitas pada kedua kelas dan dilanjutkan dengan uji homogenitas. Dengan data yang normal dan homogen dilakukan uji statistik dengan uji t pada taraf signifikan α=0,05 diperoleh, thitung>ttabel (2,55>2,00) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu rata-rata peningkatan hasil belajar kelas eksperimen. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 71,11 lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol, yaitu 64,34. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen adalah 32,08 satuan dan kelas kontrol adalah 26,18 satuan. Jadi, perbedaan peningkatan hasil belajar kedua kelas sebesar 5,90. Dari hasil uji t diketahui bahwa thit > ttab (2,55 > 2,00), sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti terdapat pengaruh strategi genius learning terhadap hasil belajar siswa pada sub materi daur biogeokimia kelas X SMA Negeri 9 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Hut p |
Keywords: | genius learning; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10233 |